... Silahkan tinggalkan pesan di bawah artikel, sepanjang tidak mengandung unsur politik dan SARA, kami akan terima dengan senang hati ...

Kamis, 24 September 2009

File Arsip & Penulisan Kutipan dari Internet

Menemukan file arsip pada sebuah web biasanya tidaklah mudah oleh sebab itu maka salinlah alamatnya dengan teliti sehingga akan mempermudah dalam pencarian kembali. Hal ini penting apalagi jika mempergunakannya sebagai rujukan dalam penulisan karya ilmiah.
Pelajar dan mahasiswa biasanya hanya menuliskan alamat web (situs) sebagai footnote (catatan kaki), innote (catatan dalam), maupun sebagai rujukan. Padahal setiap situs mempunyai atau terdiri atas banyak halaman dan masing-masing halaman berisi artikel-artikel yang merupakan file arsip dari sebuah web.
Contoh alamat situs yang dipergunakan sebagai rujukan dalam membuat karya ilmiah diantaranya http://www.radartarakan.com adalah situs surat kabar harian yang terbit di Tarakan Kalimantan Timur. Surat kabar ini adalah surat kabar daerah yang merupakan cabang dari surat kabar Jawapos yang terbit di Jawa. Surat kabar ini memberitakan keadaan dan kejadian di daerah Kalimantan Timur disamping kejadian yang bersifat nasional dan internasional. Surat kabar ini pernah memberitakan tentang penetapan Datuk Abdul Hamid sebagai pemangku sultan Bulungan pada hari Senin, 1 Desember 2008.
Bila sebagian isi berita tersebut dikutip maka pada awal atau akhir dari kutipan tersebut harus di bubuhkan catatan kaki atau catatan dalam yang tepat. Artinya bukan saja alamat situs yang ditulis akan tetapi harus dilengkapi lokasi file arsip contohnya http://www.radartarakan.com/berita/index.asp?Berita=BULUNGAN&id=144721. Hal ini akan mempermudah pencarian kembali sumber kutipan baik yang dilakukan oleh pelajar/mahasiswa ataupun oleh guru/dosen pembimbing.
Karena file arsip sering diperbaiki atau bahkan dihapus oleh penerbitnya karena suatu alasan maka pada catatan kaki ataupun catatan dalam juga harus dicantumkan tanggal akses serta nama pengaksesnya.
Contoh alamat situs yang lain adalah http://beeldbank.narionaalarchief.nl situs yang memuat arsip-arsip nasional maupun internasional dari negeri Belanda. Dari situs ini dapat diketahui sebuah foto hitam/putih Sultan Maulana Muh. Djalaluddin dengan lokasi arsip file http://beeldbank.nationaalarchief.nl/na:col1:dat10698. Sultan Maulana Muh. Djalaluddin adalah seorang sultan terakhir dari kerajaan Bulungan dengan masa pemerintahan 1931-1958. Adapun salah satu file arsip Sejarah Kerajaan Bulungan pada situs internet adalah http://sugeng-arianto.blogspot.com/2007/10/sejarah-kerajaan-bulungan.html.
Ada kalanya mahasiswa merasa bingung bagaimana cara penulisan kutipan yang diambil dari internet. Namun apabila mengikuti petunjuk penulisan karya ilmiah, skripsi, tesis yang diterbitkan oleh Perguruan Tinggi tempat mahasiswa kuliah hal tersebut tidak akan terjadi. Berikut ini adalah Tips yang diberikan oleh Dr. Maman Rumanta, M.Si. melalui web site UT Pangkal Pinang, penulisan kutipan yang diambil dari internet.

Nama penulis artikel. Tahun terbit artikel. Judul artikel. Alamat web. Tanggal di download.

Rumanta, Maman. Dr., M.Si. 2010. TIPS SINGKAT PENULISAN LAPORAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL (PKP)DI UNIVERSITAS TERBUKA. http://pangkalpinang.ut.ac.id/index.php/pkp.html. [28 June 2010].

Demikianlah sedikit tulisan mengenai file arsip pada situs internet dan penulisan kutipan dari internet semoga bermanfaat bagi para pelajar/mahasiswa yang sedang menyusun karya ilmiah.

RUJUKAN:
1). http://www.radartarakan.com/
2). http://beeldbank.nationaalarchief.nl/
3). http://sugeng-arianto.blogspot.com/

4 komentar:

Anonim mengatakan...

format penulisanya dalam kutipan innote kurang lengkap

Anonim mengatakan...

aloha sugeng-arianto.blogspot.com admin discovered your website via yahoo but it was hard to find and I see you could have more visitors because there are not so many comments yet. I have found site which offer to dramatically increase traffic to your website http://xrumer-services.net they claim they managed to get close to 4000 visitors/day using their services you could also get lot more targeted traffic from search engines as you have now. I used their services and got significantly more visitors to my blog. Hope this helps :) They offer most cost effective services to increase website traffic Take care. Roberto

Anonim mengatakan...

terima kasih infonya pak. kalau untuk footnote dari internet,gelar si penulis di isi ya pak?

Anonim mengatakan...

Untuk jenis penulisan seperti ini, nama gelar atau jabatan tidak disertakan pak.